Saturday, June 3, 2023

MEDIA ASING REUTERS SEBUT ANIES MENANG DENGAN CARA POLITIK IDENTITAS

Media asal New York Thomson Reuters atau Reuters menuding kemenangan Anies Baswedan sebagai gubernur diraih lewat politik identitas dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Anies Baswedan dinilai Reuters gunakan cara politik identitas untuk mengalahkan petahana Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok yang beragama Kristen dan etnis Tionghoa dalam Pilkada DKI.

Dalam artikel Reuters, politik identitas yang dilakukan Anies Baswedan dengan menyebut kata ‘Pribumi’ dalam pidato kemenangan telah merusak keharmonisan persatuan di Indonesia.

 “Kami orang pribumi ditindas dan dikalahkan. Sekarang, setelah kemerdekaan, saatnya kita menjadi tuan di negara kita sendiri,” kata Anies Baswedan di luar Balai Kota Jakarta, April 2017.

Reuters menyebut jika Anies Baswedan dan pendukungnya, kelompok Islam garis keras telah menumbuhkan retorika anti-Cina dan kelompok pendatang lainnya dengan sangat brutal.

Padahal, kata Reuters, Anies sendiri adalah kelompok pendatang dari suku Hadrami Yaman, yang bukan asli pribumi Indonesia.

Dukungan penuh datang dari seorang pemimpin Islam, Bachtiar Nasir sebagai juru kampanye Anies Baswedan telah membuktikan cara politik identitas yang buruk.

Dalam artikel Reuters disebut Bachtiar Nasir mendorong mengambil alih kekayaan orang Tionghoa untuk penduduk asli, seperti yang dilakukan Malaysia pada penduduk Melayu. 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...